Total Tayangan Laman

Kamis, 28 Maret 2013

Cara Mencetak Gambar Pada MUG Tanpa Menggunakan Mesin Press

Tips cara membuat mug bergambar dengan mudah hanya menggunakan printer inkjet dan kertas transfer paper dengan kertas decal khusus Sublime, Art Paper dan Pigment. Kertas transfer paper decal untuk mug ini permukaannya dilapisi lem, sehingga bila ada lapisan varnish diatasnya bisa terangkat atau lepas bila dimasukkan kedalam air. Dan lapisan Varnish itu bisa dipindah atau di transfer ke media apa saja asal permukaannya halus dan tidak meresap.

Dengan menggunakan kertas transfer paper Decal ini maka cetakan dapat kita transfer atau diaplikasikan kepermukaan seperti; mug, gelas, keramik, kayu, peralatan rumah tangga, lilin hias, mainan anak-anak dari plastic, peralatan pancing ikan, mobil, sepeda motor, helm, pigura, sampul buku atau sampul album, sabun, metal (besi, baja, aluminium) dan lainnya, asalkan permukaan dari media yang akan dicetak halus dan tidak meresap pastinya kita dapat dengan mudah untuk mencetaknya.

Desain mug bergambar saat ini telah menjadi primadona terbaru yang disenangi oleh kalangan anak muda. Dengan kejelian melihat peluang ini, maka terbuka kesempatan untuk memulai suatu usaha cetak digital khususnya Desain MUG bergambar, Keuntungan lainnya dari bisnis mug ini adalah biaya produksi yang lumayan murah, seperti yang saya tulis diawal artikel ini, kita hanya membutuhkan printer inkjet dan kertas transper peper decal, ini memungkinkan hasil produk dapat dijual dengan harga yang terjangkau, dengan tetap menjanjikan keuntungan yang terbilang masih sangat bagus. Apalagi dengan pesaing yang belum banyak, tentunya merupakan kesempatan emas bagi kamu yang berjiwa bisnis.

Untuk membuat Mug Bergambar secara umum biasanya menggunakan dua cara, yang pertama dengan menggunakan alat press mug, yaitu dengan cara mencetak gambar pada kertas transferpaper, kemudian di press dengan alat press MUG, pastinya membutuhkan dana yang lumayan besar.

Untuk cara yang kedua adalah dengan menggunakan cara yang mudah dan sederhana yang membutuhkan budget yang relatif lebih sedikit. Oke, langsung saja kita simak tulisan dibawah :

Cara Mencetak Gambar Pada Gelas

1. Hapus stiker atau label harga dari mug, gelas atau cangkir yang akan kita sablon, selanjutnya cucilah gelas dengan deterjen untuk menghilangkan kotoran atau residu stiker.
2. Pilih motif atau gambar desain kamu. Nah..untuk koleksi template desain Mug cantik dan unik, teman2 dapat melihatnya pada tulisan sebelumnya Kumpulan Desain Mug Cantik
3. Buka program pengedit foto (photoshop atau corel photo paint) dan buatlah dokumen baru dengan dimensi yang sama seperti kertas decal kamu, biasanya kertas berukuran 8,5 x 11 inci.
4. Setelah itu Scan atau buka salah satu desain mug yang telah kamu pilih tadi di dalam program photoshop kamu.
5. Ubahlah ukuran foto tersebut sehingga sesuai dan pas di gelas yang akan kita sablon.
7. Tambahkan teks, efek atau clip art yang ingin Anda tambahkan pada desain akhir.
8. Selanjutnya kamu cetak desain yang telah selesai kamu rancang ke kertas transfer paper decal kamu.
9. Gunting desain gambar tersebut dari kertas decal 0,5 cm diluar gambar.
10. Semprot desain gambar tersebut menggunakan clear acrylic sealer. Lakukan langkah ini di area yang berventilasi baik dan tahan penyemprotan kira-kira bisa 12 inci jauhnya dari posisi kertas. Terapkan beberapa lapisan tipis penyemprotan bertahap pada gambar untuk mengamankan tinta ke water decal paper. Hindari penyemprotan tebal sekaligus pada gambar.
11. Tempatkan decal ke dalam mangkuk air untuk sekitar lima detik. Kalau memakai Transfer Paper asli tidak sampai satu menit gambar akan terkelupas licin dari kertasnya. Selanjutnya kamu tempelkan pada permukaan mug. Sesuaikan gambar dengan pas pada posisi mug-nya saat masih basah (sehingga mudah digeser-geser)
12. Ratakan dan hilangkan sisa air dan gelembung yg berada dibawah lapisan coating dengan menggunakan spon lunak atau kain wol. Setelah itu kita bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya, bisa juga menggunakan oven roti dng suhu 100derajat-150derajat hingga 10-15menit. Sumber referensi tulisan berasal dari blog http://de-jafa.blogspot.com/2012/10/peluang-usaha-modal-kecil-cetak-gambar.html

Contoh hasil gambar pada mug dengan kertas decal


Jual kertas Decal Murah

Kertas transfer paper decal mungkin paling murah harganya dibandingkan dengan menggunakan mesin press yang harganya lumayan mahal, tetapi kertas decal ini bukan murahan, karena hasilnya sangat bagus dan kamu pasti puas. Produk transferpaper decal ini dibuat oleh pabrik kertas yang sangat perpengalaman dari negara Inggris yaitu Tullis Russell Coater.

Tertarik untuk mencobanya? Oke, bagi teman2 yang ingin belajar untuk mencetak mug bergambar, tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum mengembangkannya menjadi usaha.

Minimal pemebelian Kertas Decal adalah 10 lembar. Sangat baik untuk Printer Inkjet dengan Tinta Sublimation, Pigment dan tinta Art paper. Ukuran kertas: 21 x 29 cm, Isi kemasan 10 lembar dengan berat 125 gram dengan harga Rp 50.000,-/10lbr

Untuk mendapatkan kertas transferpaper decal keren ini cukup mudah, caranya SMS KE : 081397645083 Ketik : BELI # Kertas Decal # NAMA KAMU # ALAMAT LENGKAP KAMU. Hanya dengan investasi Rp 50.000,- saja, Kamu sudah dapat belajar dan mengembangkan keterampilan usaha dibidang desain mug bergambar yang professional.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar